Langsung ke konten utama

Persiapan Menyusui

Upaya keberhasilan memberi ASI seyogianya sudah dimulai sejak masa kehamilan, yang terus dilanjutkan sampai masa menyusui itu sendiri. Pada masa kehamilan, sebaiknya payudara sudah menjadi perhatian Anda. Hal ini untuk melihat apakah bentuk puting susu Anda kurang menguntungkan untuk kegiatan menyusui. Misalnya, apakah puting susu berbentuk datar atau masuk ke dalam. Puting susu demikian sebenarnya bukanlah halangan bagi kita untuk dapat menyusui dengan baik. Dengan mengetahuinya lebih awal, kita mempunyai waktu untuk mengusahakannya agar puting bisa menonjol keluar, sehingga bayi dapat menghisap puting susu lebih mudah sewaktu menyusui.

Sebaiknya, cucilah dahulu kedua tangan Anda sebelum melakukan pemijatan. Duduklah dengan tegak, kemudian lumuri kedua telapak tangan dengan krim atau minyak bayi sebelum memulai pengurutan.

Caranya, gunakan krim lembut, doronglah puting susu secara perlahan ke arah luar dengan menggunakan kedua ibu jari tangan Anda. Setelah itu, masih dengan ibu jari tariklah bagian dasar puting susu ke arah samping kiri dan kanan, serta arah atas dan bawah (lihat gambar 1).

Kalaupun tidak ada masalah, puting susu tetap harus disiapkan. Salah satu caranya adalah dengan rajin menggosok puting susu secara perlahan dengan menggunakan handuk lembut setiap kali selesai mandi. Anda tidak perlu mencucinya dengan sabun apalagi menggosoknya keras-keras, sebab kelenjar yang ada di sekitar puting susu dengan sendirinya akan mengeluarkan cairan untuk menjaga kebersihannya. Selain itu, perlakuan yang kasar akan membuat putting susu lecet bahkan luka.

Dengan menggunakan krim yang lembut, pijatlah payudara serta puting susu secara teratur. Letakkan ibu jari serta telunjuk pada dasar puting susu, kemudian dengan hati-hati putarlah ke arah kiri serta kanan (lihat gambar 2).

Gerakan memijat lainnya adalah dengan meletakkan jari-jari serta ibu jari di dada, kemudian lakukan gerakan memutar ke seluruh payudara, dimulai dari arah atas dan berakhir dekat bagian areola atau daerah kehitaman di sekitar puting susu (lihat gambar 3).

Pada dasarnya, gerakan pemijatan ini berguna untuk menghindari timbulnya pembengkakan dan peradangan payudara saat menyusui. Selain itu, pengurutan juga bermanfaat untuk merangsang kelenjar-kelenjar susu agar kelak lebih lancar mengalirkan air susu.

Selama hamil, usahakan selalu memilih dan menggunakan BH yang baik, yang dapat menyangga seluruh bagian bawah payudara dan tidak terlalu ketat sehingga menekan payudara. Hindari juga BH yang terbuat dari bahan nilon serta yang memakai busa. Lebih baik Anda memilih BH yang terbuat dari katun karena lebih sejuk dan nyaman dipakai. Sebaiknya, saat tidur malam tidak menggunakan BH, untuk mengistirahatkan otot-otot payudara.

Ada satu hal yang patut Anda ingat. Yaitu, besarnya payudara tidak bisa menjadi patokan banyaknya air susu yang bakal dihasilkan. Begitu pula tidak ada jaminan bahwa besarnya payudara menandakan berhasil tidaknya Anda menyusui bayi kelak.

Sebaiknya menjelang waktu menyusui, Anda minum dahulu, atau sediakan segelas air di dekat Anda. Biasanya setelah menyusui, Anda akan merasa haus. Jangan sampai rasa haus Anda mengganggu keni’matan bayi yang sedang menyusui.

Usahakan setiap kali selesai menyusui, kedua payudara ‘terasa’ kosong. Sebenarnya, payudara memang tidak pernah benar-benar kosong. Sebab, begitu ASI habis dihisap, maka payudara segera akan memproduksi kembali. Semakin banyak yang dikeluarkan, semakin banyak pula yang diproduksi. Pada dasarnya, persediaan ASI diatur oleh suatu mekanisme yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Jadi, kalau bayi jarang menyusu, maka produksi susu pun berkurang. Karena itu, yakinlah, bahwa makin sering payudara dihisap bayi, makin banyak ASI berproduksi. Perlu juga Anda ketahui bahwa payudara Anda berubah karena kehamilan Anda, bukan karena menyusui.



Sumber: Ayahbunda Edisi Khusus. 100 Resep untuk Ibu Hamil & Menyusui. 1997



Postingan populer dari blog ini

KEKELIRUAN DALAM MENGUCAPKAN KATA "WA IYYAKUM"

KEKELIRUAN DALAM MENGUCAPKAN KATA "WA IYYAKUM" Banyak orang yang sering mengucapkan "waiyyak (dan kepadamu juga)" atau “waiyyakum (dan kepada kalian juga)” ketika telah dido'akan atau mendapat kebaikan dari seseorang. Apakah ada sunnahnya mengucapkan seperti ini? Lalu bagaimanakah ucapan yang sebenarnya ketika seseorang telah mendapat kebaikan dari orang lain misalnya ucapan "jazakallah khair atau barakalahu fiikum"?

Pijat Payudara Selama Menyusui

Masase Payudara untuk Pemeliharaan Payudara Bagi sebagian ibu, aktivitas menyusui kerap dihubungkan dengan keindahan payudara. Alasan inilah yg membuat mereka enggan berlama-lama menyus ui. Pakar ASI Dr. Utami Roesli Sp.A. dalam sebuah se minar ASI mengungkapkan bahwa sesungguhnya bukan menyusui yg mengubah bentuk payudara, tapi proses kehamilanlah yg menyebabkan perubahan itu. Dan bila ada keinginan unt u k mengembalikan bentuknya seperti saat masih gadis, lebih baik lupakanlah. Sebab memang tak mungkin. Namun, itu bukan berarti tak ada cara membuat payudara tetap terlihat indah dan kencang. Apalagis etelah persalinan dan di saat anda menyusui. Selain terlihat indah, perawatan payudara yg dilakukan dengan benar dan teratur akan memudahkan si kecil mengkonsumsi ASI. Pemeliharaan ini juga bisa merangsang produksi ASI dan m engurangi resiko luka saat menyusui. Berikut ini kiat masase payudara yg dapat anda prakt ekkan sejak hari ke-2 usai persalinan, sebanyak 2 kali sehari.

Apakah Saudara Sepersusuan Menjadi Mahram?

Apakah Saudara Sepersusuan Menjadi Mahram? Pertanyaan: Saya mau bertanya. Misalnya Ummu Aisyah menyusui Rifqi (anak orang lain) sebanyak lima kali atau lebih sampai kenyang, apakah Aisyah haram dinikahi Rifqi karena sebab sepersusuan? Bagaimana hukum saudara laki-laki Rifqi yang tidak menyusu pada Ummu Aisyah, apakah juga haram menikahi Aisyah?