Langsung ke konten utama

ADA APA DENGAN BAYI BARU LAHIR...???

♥♥ PENGANTAR..

catatan ini diketik ulang dari Majalah SAFINA no 2/Th.1 April 2003/1424 H...dengan judul yang sama...

♥ spesial buat saudariku yang akan menjadi seorang ibu kelak..ataupun dalam waktu dekat ini...^^

Sebagai seorang ibu, masih ingatkah Anda dengan saat-saat bayi pertama Anda lahir?
Masing-masing ibu tentunya mengalami pengalaman yang berbeda-beda. Namun intinya adalah adanya perasaan gembira, sesuatu yang baru, nyeri, lega, khawatir terhadap sang bayi mungil, bingung, dan lainnya. Beberapa ibu merasa begitu bahagia memandang bayi barunya yang dianggap sangat cantik ataupun tampan…

Padahal jujur saja, bayi yang baru lahir belum tentu memiliki kriteria cantik ataupun tampan. Betapa tidak? Kebanyakan bayi lahir dengan kepala botak yang besar, mata yang bengkak, kulit jari tangan dan kaki yang keriput, dan menangis.

Bayi yang baru lahir memang tidak sama dengan bayi yang sudah berusia beberapa bulan. Tubuh bayi yang baru lahir masih dalam proses penyesuaian dengan dunianya yang baru. Setelah Sembilan bulan berada di dalam lindungan rahim ibu yang kokoh dan hangat, bayi yang baru lahir biasanya menampakkan fenomena yang tidak mudah dimengerti orangtua. Apalagi jika ia bayi pertama mereka. Seringkali fenomena itu demikian membingungkan dan mengkhawatirkan sehingga membuat ayah dan ibunya panik. Tak jarang situasi ini bertambah parah dengan prasangka-prasangka dan mitos-mitos takhayul.

Tapi sekarang anda tidak perlu dag-dig-dug karena bayi baru anda, berikut ini akan dibahas tentang hal-hal yang terlihat aneh dan terjadi pada bayi baru anda, sehingga anda tidak perlu panik. Namun untuk memastikan gejalanya, silahkan konsultasikan dengan dokter anda.

1. KULIT


♥ WARNA

a. Berwarna kebiruan.
Kulit tangan atau kaki yang membiru dapat berarti bahwa peredaran darah bayi belum efisien sampai ke ujung tubuh. Apalagi jika bayi tidur dan tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama. Kulit yang kebiruan akan memerah kembali jika bayi berubah posisi.

b. Berwarna sebagian merah dan sebagian lagi pucat
Pembuluh darah bagian bawah tubuh bayi berwarna merah dan pada bagian atas tubuh bayi menjadi pucat. Disebabkan karena sirkulasi darah yang belum sempurna. Jika Anda mengubah posisi tubuh bayi, gejala ini akan hilang.

c. Bilur-bilur berwarna kebiruan
Disebut juga “bercak biru Mongolia” . Bercak biru ini timbul karena bertumpuknya pigmen dibawah kulit. Gejala ini hanya muncul sementara waktu, dan tidak ada hubungannya dengan orang Mongol

♥ Bintik-bintik
Bayi yang baru lahir biasanya mengejutkan orangtuanya dengan berbagai macam bintik-bintik. Misalnya dengan bintik merah dengan warna kuning di tengahnya, sekilas seperti bintik bernanah. Dikenal dengan nama “Neo natal urticaria’. Disebabkan karena kulit bayi dan pori-porinya belum berfungsi dengan baik. Bintik ini tidak menular, tidak memerlukan pengobatan, dan akan hilang sendiri dalam beberapa minggu.

♥ Tanda Lahir (Toh)
Ada banyak jenis tanda lahir, namun hanya dokter yang menentukan apakah tanda tersebut memang tanda lahir atau bukan. Atau hanya jejak kemerahan bekas tekanan waktu proses kelahiran, bekas ini akan hilang dalam beberapa hari.

♥ Kulit terkelupas
Kebanyakan bayi tekelupas kulitnya pada hari-hari pertama kelahirannya, terutama pada kulit telapak tangan dan kaki.

♥ Kerak pada kulit kepala
Sama normalnya dengan kulit yang terkelupas. Kerak ini bukan ketombe ataupun karena masalah kebersihan. Perawatan sederhana dengan baby oil atau minyak kelapa akan membantu menghilangkannya. Namun jika keraknya cukup tebal, konsultasikan dengan dokter.

2. RAMBUT
Tak perlu khawatir dengan rambut di kepala bayi anda. Berapa pun jumlah dan apapun warnanya, rambut bayi anda kelak akan rontok dan digantikan dengan yang baru.

♥ Rambut atau bulu-bulu halus di tubuh bayi
Pada saat bayi di dalam rahim, ia diselimuti oleh bulu-bulu halus. Kadang-kadang bayi yang lahir kurang dari 9 bulan masih memiliki bulu-bulu halus tersebut. Biasanya ada pada bahu hingga punngung bayi. Bulu-bulu ini akan hilang atau rontok dalam satu atau dua minggu kemudian.

3. KEPALA

♥ Bentuk kepala yang aneh
Biasanya disebabkan oleh tekanan jalan rahim pada saat persalinan, sehingga membuat tulang tengkorak bayi yang masih rawan menyesuaikan bentuknya dengan jalan lahir. Bentuknya menjadi sedikit lonjong. Bentuknya akan normal dalam beberapa bulan. Ada pun bentuk kepala bayi yang gepeng, disebabkan posisi tidur bayi yang tidak berubah, sehingga ada baiknya jika bayi ditidurkan dalam posisi kepala yang berubah-ubah, sebelum ia dapat berguling atau miring dengan sendirinya.

♥ Ubun-ubun yang berdenyut.
Ubun –ubun yang kelihatan berdenyut pada kepala bayi disebabkan karena tulang tengkorak bayi yang masih belum sempurna. Tulang tengkorak bayi terdiri dari beberapa bagian yang dipisahkan oleh tulang rawan. Pada bagian ubun-ubun, ada bagian yang belum menyatu dan ditutupi oleh semacam selaput. Selaput ini cukup kuat dan tidak berbahaya jika mendapatkan perlakuan normal.

Ubun-ubun ini perlu mendapat perhatian jika kelihatan cekung, cembung, atau pun tegang. Cekung dapat merupakan pertanda bahwa bayi mengalami dehidrasi. Sedangkan cembung dan tegang tandanya bayi anda sedang sakit dan harus segera berobat ke dokter.

4. MATA

♥ Mata bengkak atau kemerahan.
Bisa timbul segera setalah persalinan, disebabkan oleh proses persalinan tersebut. Bengkak dan kemerahan pda mata bayi akan hilang dala beberapa hari. Namun jika terus berlanjut segera konsultasikan pada dokter.

♥ Kotoran mata (belekan) atau kelopak dan bulu mata yang lengket.
Hal ini disebabkan suatu infeksi ringan, periksalah ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan pemberian tetes mata atau cairan kompres untuk mata.

♥ Juling
Banyak bayi dengan mata normal keliahatan agak-agak juling pada hari-hari pertamanya. Ini dsebabkan karena bentuk lipatan mata yang tidak simetris. Jika lipatan ini berkurang atau menghilang dalam beberapa minggu, mata bayi tidak lagi kelihatan juling. Kadang juling terjadi karena otot mata yang belum cukup kuat untuk mengandalikan bola matanya. Untuk melihat suatu objek dengan kedua bola matanya, diperlukan kekuatan otot kedua mata agar dapat melihat dengan focus. Jika mata bayi tertap terlihat juling hingga usia 6 bulan, segeralah temui dokter untuk penanganan dini.

5. TELINGA

♥ Kotoran Telinga
Kotoran telinga pada bayi bukan suatu pertanda masalah, kecuali jika Anda yakin bahwa ada yang tidak beres keluar dari telinga bayi Anda selain kotoran telinga. Jika ini terjadi, segeralah temui dokter untuk memastikannya.

♥ Telinga yang Mencuat
Bagi sebagian orangtua telinga yang mencuat keluar terlihat aneh seperti telinga kurcaci. Mungkin dengan membiasakan bayi tidur dengan telinga rapat bisa mengurangi efek ini.

6. MULUT

♥ Lidah yang putih
Selama bayi masih minum susu, lidah yang putih bukan gejala penyakit. Bayi mungkin sakit jika seluruh lidah dan mulut diselimuti bercak putih.

♥ Lecet pada bibir atas
Bekas lecet berbentuk bulatan berwarna putih ini disebabkan isapan mulut bayi ketika menyusui. Lecet ini akan hilang dengan sendirinya.

7. PAYUDARA

Bayi yang baru lahir terkadang memiliki payudara yang membengkak. Hal ini biasa terjadi pada bayi laki-laki ataupun bayi perempuan. Fenomena yang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari ini disebabkan karena aliran hormone dari ibu sesaat sebelum proses persalinan. Hormon ini sangat dibutuhkan ibu dalam proses persalinan, namun terkadang, hormone ini juga terserap oleh bayi. Payudara bayi yang membengkak terkadang juga mengandung sedikit air susu. Namun, jangan lakukan apapun pada bayi tersebut, karena setelah hormone itu sirna dalam beberapa hari, bayi akan normal kembali.

8. PERUT

Pada beberapa bayi terdapat tonjolan kecil dekat tali pusar pada saat ia menangis. Pastikan Anda memeriksakannnya ke dokter, karena mungkin itu adalah gejala hernia pada bayi Anda. Jika ditangani secepatnya mungkin tidak diperlukan operasi.

9. Tali Pusar

Periksakanlah tali pusar bayi pada dokter atau bidan secara berkala. Patikan tali pusar terawatt dengan baik, waspadai jika ada tanda-tanda peradangan seperti merah, kotoran, atau nanah. Jika ini terjadi segeralah berobat.

10. ALAT KELAMIN

Alat kelamin bayi laki-laki dan perempuan yang kelihatan membengkak dan merah disebabkan karena aliran hormone ibu pada saat persalinan. Dokter atau bidan akan memastikan bahwa bayi Anda normal. Alat kelamin bayi anda akan normal secara berangsur-angsur.

♥ Buah zakar yang belum turun
Bayi laki-laki memiliki buah zakar yang tumbuh di dalam perut, pada saatnya buah zakar akan turun mengisi kantung dibawah penis. Namun jika buah zakar bayi Anda belum turun juga pada minggu keenam, periksalah ke dokter.

11. BAB, BAK, dan sekresi lainnya

♥ Meconium.
Meconium adalah tinja pertama bayi yang berwarna hijau kehitaman. Meconium mengisi usus bayi selama dalam kandungan ibu ini biasanya keluar selama 24 jam setelah kelahiran. Jika keluar lebih dari 24 jam setelah kelahiran, beritahu perawat, bidan, atau dokter Anda. Mungkin ada yang mengganggu kelancaran BAB bayi Anda.

♥ Darah Pada Tinja
Kadang-kadang bayi yang baru lahir mengeluarkan tinja yang sedikit berdarah. Biasanya ini terjadi karena darah ibu yang tertelan bayi. Beritahukan kepada perawat, bidan, atau dokter Anda.

♥ Kencing bayi berwarna merah
Urin pertama bayi biasanya mengandung zat “urates” yang berwarna merah. Laporkan kepada perawat, bidan, atau dokter Anda.

♥ Bayi sering BAK
Hal ini sangat normal, bahkan jika bayi pipis setiap 30 kali dalam 24 jam, bahkan jika bayi baru pipis setelah 4-6 jam, segera periksakan ke dokter. Mungkin ada yang menghambat BAK bayi Anda.

♥ Vagina yang berdarah
Sedikit darah pada vagina bayi Anda di minggu pertama kelahirannya tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini disebabkan hormone esterogen ibu sesaat sebelum persalinan.

♥ Keputihan
Hal ini juga normal, dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari

Hidung berair
Biasa terjadi pada bayi yang baru lahir dan bukan pertanda bayi Anda sakit flu atau pilek.

♥ Air Mata
Ada bayi yang menangis tanpa air mata hingga isoa 4-6 minggu. Ada juga yang menangis dengan beberapa tetes air mata, keduanya baik-baik saja.

♥ Berkeringat.
Sebagian besar bayi berkeringat pada bagian leher dan kepala. Hal ini tidak terlalu bermasalah kecuali jika bayi Anda menunjukkan demam atau keliahatan sakit. Hanya saja kebersihan bagian yang berkeringat perlu diperhatikan, karena keringat dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan lipatan leher.

♥ Muntah
Bedakan muntah dengan “gumoh”. Jika bayi memuntahkan sedikit susu setelah disusui disebut juga “gumoh”, itu biasa. Namun jika ia muntah dalam jumlah banyak dan berulang-ulang, segera periksakan ke dokter.


♥ ♥ ♥ Sumber : Your baby and Child From Birth To Age Five by Penelope Leach (AM)

Majalah SAFINA no 2/Th.1 April 2003/1424 H
atau jika saudariku ingin tau lebih lagi bisa disini nie...

♥ http://www.kumpulbocah.com/2006/01/08/mengenal-kondisi-bayi-baru-lahir/

Postingan populer dari blog ini

KEKELIRUAN DALAM MENGUCAPKAN KATA "WA IYYAKUM"

KEKELIRUAN DALAM MENGUCAPKAN KATA "WA IYYAKUM" Banyak orang yang sering mengucapkan "waiyyak (dan kepadamu juga)" atau “waiyyakum (dan kepada kalian juga)” ketika telah dido'akan atau mendapat kebaikan dari seseorang. Apakah ada sunnahnya mengucapkan seperti ini? Lalu bagaimanakah ucapan yang sebenarnya ketika seseorang telah mendapat kebaikan dari orang lain misalnya ucapan "jazakallah khair atau barakalahu fiikum"?

Pijat Payudara Selama Menyusui

Masase Payudara untuk Pemeliharaan Payudara Bagi sebagian ibu, aktivitas menyusui kerap dihubungkan dengan keindahan payudara. Alasan inilah yg membuat mereka enggan berlama-lama menyus ui. Pakar ASI Dr. Utami Roesli Sp.A. dalam sebuah se minar ASI mengungkapkan bahwa sesungguhnya bukan menyusui yg mengubah bentuk payudara, tapi proses kehamilanlah yg menyebabkan perubahan itu. Dan bila ada keinginan unt u k mengembalikan bentuknya seperti saat masih gadis, lebih baik lupakanlah. Sebab memang tak mungkin. Namun, itu bukan berarti tak ada cara membuat payudara tetap terlihat indah dan kencang. Apalagis etelah persalinan dan di saat anda menyusui. Selain terlihat indah, perawatan payudara yg dilakukan dengan benar dan teratur akan memudahkan si kecil mengkonsumsi ASI. Pemeliharaan ini juga bisa merangsang produksi ASI dan m engurangi resiko luka saat menyusui. Berikut ini kiat masase payudara yg dapat anda prakt ekkan sejak hari ke-2 usai persalinan, sebanyak 2 kali sehari.

Apakah Saudara Sepersusuan Menjadi Mahram?

Apakah Saudara Sepersusuan Menjadi Mahram? Pertanyaan: Saya mau bertanya. Misalnya Ummu Aisyah menyusui Rifqi (anak orang lain) sebanyak lima kali atau lebih sampai kenyang, apakah Aisyah haram dinikahi Rifqi karena sebab sepersusuan? Bagaimana hukum saudara laki-laki Rifqi yang tidak menyusu pada Ummu Aisyah, apakah juga haram menikahi Aisyah?